Random Posts

Tuesday 28 June 2016

Pengertian Sistem Pengendalian Manajemen

SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN  (SPM)

a).Pengertian
Sistem pengendalian manajemen adalah suatu proses dan struktur yang tertata secara sistematik yang digunakan manajemen dalam pengendalian manajemen.
Proses pengendalian manajemen meliputi tiga tahap : 
1. Tindakan perencanaan
2. Pelaksanaan tindakan
3. Evaluasi tindakan
Ketiga tahap ini terjadi di berbagai tingkat dalam suatu organisasi, dari tingkat manajemen puncak sampai ke unit operasi terkecil.
Pengendalian manajemen mencakup sistem pengendalian manajemen yang terdiri atas tataan organisasi, wewenang, tanggung jawab, dan informasi untuk memungkinkan pelaksanaan pengendalian dan untuk memproses sekumpulan tindakan yang memastikan bahwa organisasi bekerja untuk mencapai tujuannya. Pengendalian manajemen adalah alat bagi para manajer, yang menggunakannya dalam interaksi di antara mereka dan dengan bawahan.

Pengendalian manajemen meliputi baik pengendalian formal maupun informal. Di atas proses-proses pengendalian formal, terdapat pengendalian motivasi informal yang mendorong para manajer dan karyawan untuk terus menjaga agar organisasi maju menuju sasaran/tujuan yang telah ditetapkan.
Sistem pengendalian informal, biasanya tertulis sebagi peraturan yang harus di taati manajemen. Namun, adakalanya tercermin dalam kebijakan-kebijakan tak tertulis organisasi, seperti merupakan bagian dari budaya pngendalian organisasi. Budaya ini dapat mencakup proses-proses yang tak terucapkan untuk memotivasi para manajer guna mengambil tindakan-tindakan yang dikehendaki, dan mencegah serta memperbaiki karyawan dan unit-unit organisasi dari tindakan-tindakan yang tidak layak.

Bagan Posisi SPM dalam organisasi Entitas

Dengan bagan kita lebih mudah memahami arti Sistem pengendalian Manajemen.