Random Posts

Friday 1 July 2016

Usaha Fotografi


Usaha Fotografi

Fotografi adalah proses seni melukis dengan media cahaya, maka setiap orang bisa melakukan kegiatan fotografi jika mempunyai sebuah kamera, tetapi apakah semua orang dapat menghasilkan sebuah seni ? Seni adalah sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan atau intisari dari kreativitas. Seni yang paling utama dalam fotografi adalah komposisi, dengan komposisi yang baik maka foto yang dihasilkan akan mempunyai makna dan cerita yang bisa disampaikan.

Fotografi kini milik siapa saja, jadi bukan jamannya menawarkan jasa yang sama pada tahun sebelumnya. Rubah cara pandang tradisional; yang menganggap jasa fotografi adalah harus menjadi fotografer.

Dijaman sekarang, banyak sekali bermunculan jasa fotografi. Jasa fotografi diperlukan oleh banyak orang karena digunakan untuk mengingat momen-momen spesial tertentu yang diharapkan dapat menjadi pengingat dimasa datang. Jasa fotografi biasanya digunakan untuk acara keluarga, perusahaan, sekolah, pernikahan, maupun foto-foto untuk keperluan iklan. Apabila Anda menyukai dunia fotografi dan memiliki kemampuan memotret dengan baik, Anda dapat memanfaatkan untuk merintis jasa fotografi.

PERSIAPAN USAHA FOTOGRAFI

Beberapa hal yang dilakukan untuk memulai bisnis usaha ini :
  • Kamera digital profesional yang lengkap dengan blitz, tree port, backdrop, lampu studio, dsb.
  • Kemampuan memotret dengan hasil foto yang baik.
  • Memahami fitur kamera yang digunakan dan menguasai pengoperasiannya.
  • Bekerjasama dengan teman untuk membantu aktivitas pemotretan. Misalnya sebagai back up pencahayaan maupun sebagai pengarah gaya.
  • Mempunyai langganan studio cetak yang memberikan tarif murah untuk hasil foto Anda. Hal ini dapat Anda lakukan jika Anda menjadi member studio foto tersebut dan banyak melakukan transaksi dengan foto studio tersebut.
Namun, ada beberapa hambatan dalam menjalankan usaha ini, yaitu :
  • Naiknya harga cetak foto karena naiknya harga kertas foto dan tinta.
  • Adanya kompetitor yang menjalankan bisnis usaha yang sama.
  • Menurunnya kemampuan kamera untuk menghasilkan gambar foto yang berkualitas baik. Anda harus memperhatikan gambar yg dihasilakan pada camera anda.

STRATEGI USAHA

Memulai Dari Yang Kecil Namun Tertata

Melek manajemen adalah hal yang paling penting. Mulai dari sesuatu yang kecil, yang terpenting adalah taat aturan yang telkah disepakati bersama. Menerapkan manajemen yang sehat, baik itu jadwal memotret, aliran cash flow, inventaris barang dan sumber daya manusia.
Peluang yang luas masih tersedia adalah jasa paska-produksi fotografi-ahli digital imaging, agensi fotografi-yang menauingi beberapa fotografer.
Bentuk bisnis lainnya adalah jasa penyewaan untuk lensa, kamera, lampu, bingkai dan seterusnya. Layanan antar jemput cetakan untuk konsumen ataupun mencetak kembali foto digital, dalam bentuk kemasan baru sperti, cetak album, web gallery atau untuk kebutuhan presentasi bisnis pada klien.

Peluang

Perlu dibedakan terlebih dahulu antara model bisnis untuk konsumen, atau bisnis untuk bisnis, masing-masing mempunyai peluang potensi yang besar, yang belum tergali.untuk menjaring pasar secara luas.

Patner Yang Baik

Hal yang sering ditemui adalah dua orang fotografer yang bekerjasamai, namun ketika menemui hal buruk ketika masing-masing membawa ego atas sudut pandang yg berbeda. Produk jasa ini sangat rentan sekali dan bebas nilai, sangat sulit menentukan style fotografi, karena masing-masing mempunyai ukuran yang berbeda. Partner yang paling cocok adalah fotografer bertemu dengan manajer, fotografer bertemu dengan ahli marketing atau fotografer dan akuntan. Dua wilayah garapan yang berbeda, masing-masing mempunyai peran yang berbeda. Membuat kesepakatan pembagian keuntungan harus dibicarakan dari awal sebelum menjalankan bisnis ini. Jika anda kurang mampu menjelaskan, mintalah orang ketiga menengahi masalah kesepakatan keuntungan yang akan di peroleh untuknya.

Merubah Cara Berfikir

Rubahlah cara melihat bentuk jasa Jasa fotografi bukan hanya dokumentasi liputan wedding saja. Bukalah peluang lain, misalnya membedakan dengan jasa layanan yang pernah ada; jasa layanan fotografi spesialis anak SD, spesiali foto berjilbab atau jasa fotografi yang mengkhususkan pada acara perusahaan.

Menentukan Target

Komsumen mana yang akan dituju atau yang anda tuju. Menengah bawah atau menengah atas. Ini akan berhubungan dengan citra/image yang akan dibangun. Jangan pernah memberikan janji kosong atau janji selangit, yang ternyata tidak sesuai.ini akan membuat konsumen anda hilang kepercayaan. Pastikan bentuk produk yang ditawarkan adalah sama dengah hasil yang dijual pada konsumen.
Begitu juga pelayanan, fotografi adalah jasa, yang dijual bukan hanya produksi, tetapi cara melayani, berbicara dan berkomunikasi yang baik pada konsumen anda. Berikan layanan yang terbaik, karena sangat sulit untuk memelihara konsumen lama(Langganan) dibandingka mencari lagi konsumen baru. 

Membuka Wawasan dan Peragaulan

Jika anda ingin mengenal secara lebih luas ilmu fotografi, bergabunglah dengan klub atau paguyuban fotografi di daerah anda atau bisa melalui sosmed seperti twitter dan facebook. Dari sana anda akan banyak mengenal karakter teman-teman baru serta share pengetahuan tentang jasa fotografi. Informasi kini tersebar luas di jejaring dunia maya. Jangan pernah merasa hidup dalam satu lingkaran,
Cobalah keluar dari lingkaran, tingkatkan wawasan akan membuka bentuk variasi produk yang baru. Bergaul dengan komunitas, klub, kegiatan yang berhubungan langsung dengan dunia fotografi, dari sana anda akan banyak belajar.

Simulasi Usaha Dasar

1.  Modal awal
Kamera digital professional
Rp
8.500.000,00
Peralatan pendukung
Rp
3.000.000,00
Tas khusus camera
Rp
    250.000,00
Jumlah
Rp
11.750.000,00

2. Biaya Perlengkapan
Promosi 
Rp
100.000,00
Jumlah
Rp
100.000,00

Asumsi Pendapatan bisa kamu hitung sendiri, dengan cara memisahkan pendapatan dan biaya secara tersendiri. Dengan format sebagai berikut :
Pendapatan :
Pendapatan dari Fotografer
Pendapatan dari cetak foto x perlembar  
Jumlah pendapatan………………………………+
Biaya-biaya :
Biaya gaji patner
Biaya lain-lain
Jumlah biaya…………………………………….+
Laba/Rugi  = Jumlah pendapatan – Biaya : Rp.xx

Mulailah cara ini, jika ini merupakan cara bisnis yg selama ini kamu inginkan. temukan bisnis baru pada bakat anda pribadi.menemukan bisnis pada bakat akan sangat menyenangkan untuk dikerjakan.

Temukan ide bisnis anda pada artikel selanjutnya,